Sabtu, 03 Januari 2015

Constructor dan Constructor Overloading

Pada pambahasan selanjutnya yakni Constructor. Apa itu Constructor? bagaimana cara penggunaan constructor? Constructor adalah method yang spesial karena mempunyai aturan-aturan sebagai berikut :
  1. nama Constructor harus sama dengan nama class
  2. digunakan untuk perwujudan dari object
  3. hanya menggunakan access modifier seperti public,protected,default,private sebelum nama constructor
  4. tidak mempunyai tipe return.
Constructor ini sama persis seperti method hanya saja constructor tidak mempunya tipe void dan tipe data dan nama Constructor harus sama dengan nama Class itu sendiri. Constructor juga bisa mempunyai parameter dan bisa juga tidak mempunyai parameter. Nah apabila kita dalam Class tidak mempunyai Constructor maka akan secara otomatis Java membuat default Constructor,agar lebih jelas mari kita lihat coding gambar seperti dibawah ini yang telah dicompile dan running :
Kode di atas memperlihatkan bahwa class ConstructorTest tidak mendefnisikan constructor sama sekali, tetapi constructor new ConstructorTest() dapat dipanggil tanpa menyebabkan adanya error.Hal  ini disebabkan karena Java akan membuatkan default constructor kalau class tidak mendefnisikan constructor sama sekali.

Nah sekarang kita ketik constructor dengan perwujudan aslinya lihat gambar dibawah ini yang telah dicompile dan dirunning  :
Sekarang sekian dari saya semoga bermanfaat bagi yang ingin belajar java.See you again and Keep Fighting :)

0 komentar: