Jumat, 02 Januari 2015

Instalasi JDK dan Setting Path di Windows


Hallo guys pada kesempatan kali ini saya akan menerangkan tentang "bagaimana install jdk dan setting path di system" kalau belum tau JDK(Java Development Kit) itu apa googling aja nanti ada pencerahan kalau diceritakan terlalu panjang disini :D. Langsung saja pertama-tama kalian download dahulu jdk kalau yang paling terupdate yang sekarang adalah jdk versi 8 update 25 langsung saja ke website resminya Oracle http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html dan download langsung versi yang terupdate nah setelah kalian download jdk maka langkah selanjutnya ke file direktori download dan klik 2 kali maka akan muncul gambar seperti berikut :

 1. klik next

2. Pada langkah ini kalian ingin dimana file direktori jdk ini disimpan biasanya jdk sudah otomatis menetukan direktori instalasi dan apabila ingin mengubah direktori instalasi tinggal klik change jadi langsung saja klik next bila tidak ingin diubah.

3. Tunggu progress installation selesai tidak akan memerlukan waktu yang lama dan semua itu tergantung spek pc atau laptop yang Anda miliki :p

4. Nah biasanya kalau misalnya kita mendownload jdk maka secara otomatis kita juga mendownload dan menginstall JRE(Java Runtime Environment) langsung saja pilih next bila tidak ingin mengubah direktori instalasi.

5. Tunggu sampai progress bar selesai.

6. Nah sampai disini kita sudah menginstall JDK sekaligus JRE. Langkah selanjutnya yakni setting path disystem environment.

7. klik windows dan pilih computers lalu klik kanan dan pilih properties.

8. lalu akan muncul tampilan seperti ini.Pilih Advanced system settings dan klik Environment Variabels lalu akan muncul Environment Variables.

9. Setelah itu kita pilih di System variables dan pilih Path dan Edit lalu tekan ok.

10. Kita harus mencari file direktori installation java biasa di file C:\Program Files\Java sekarang kita masukan path di System Variables dengan ketikan seperti ini C:\Program Files\Java\jre1.8.0_25\bin;%PATH% dan klik OK disystem variables,System Properties.
Catatan : di System variables Path terdapat Path program lain jadi hati-hati jangan langsung dibabat semua pastikan ";" (titik koma) tanpa kutip sebagai pemisah antar path satu dengan yang lain.

Sampai disini kita sudah setting path di system nah sekarang kita uji apakah benar java dan javac kita berjalan lewat command prompt. Javac ini biasanya digunakan dalam cmd sebagai compiler sedangkan java digunakan untuk merunning dipembahasan selanjutnya kita akan membuat program sederhana dan nanti akan mengatahui fungsi dari java dan javac.Sekarang kita tes di command prompt java dan javacnya cekidottttt.

11. Klik diwindows dan ketikan cmd maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

12. ketik java -version jika ingin cek java versi berapa yang kita gunakan.


13. Ketik java dan muncul seperti ini maka instalasi java sudah benar

14. Ketik javac jika sudah benar setting path disystem maka tampil dengan tampilan berikut :

Sampai disini kita sudah mempersiapkan peralatan dan setting apa saja untuk membuat aplikasi java.Inshaa Allah kita akan bertemu lagi dipembahasan Java berikutnya.See You Again and Keep Fighting. 

0 komentar: