Jumat, 02 Januari 2015

Deklarasi Class

Bertemu lagi bersama saya hehehe nah kali ini saya akan membahas lebih spesifik tentang class dan ada berapa jenis class dalam java. Pendeklarasian class menggunakan keyword class diikuti dengan nama class. Setelah nama class untuk membuka class diawali dengan buka kurawal ( { ) dan diakhiri dengan tutup kurawal (}) untuk mengakhiri class.Object adalah perwujudan dari class bisa kita bayangkan bahwa class cetakan dan objek adalah sebuah hasil cetakan dari class. Setiap object mempunyai statement atau pernyataan untuk membedakan satu objek dengan objek yang lain. Object juga mempunyai method dimana logic dari class disimpan.Class adalah jantungnya java yang bisa berdiri sendiri.Class bagian terkecil dari java dan setiap kali kita mengetik code java maka yang pertama kali kita lakukan ialah mengetik class dan nama class seperti contoh seperti gambar dibawah ini, dengan menuliskan code sperti gambar dibawah kita sudah membuat sebuah class dan bisa mencompile tetapi tidak akan bisa merunning sebab tidak ada main method didalam class.

setelah kita compile melalui cmd akan membentuk class didalam file direktori penyimpanan seperti gambar dibawah ini bila tidak tahu cara mengompile bisa lihat dipostingan sebelumnya http://indraheapandstack.blogspot.com/2015/01/ngoding-hello-world-java-menggunakan.html terlihat ada nama file KelasPertama.java dan ada KelasPertama.class sesudah kita mengcompilenya :

Nah kita bisa membuat lebih dari 1 class dalam 1 file java tetapi dalam satu file java kita hanya boleh membuat 1 buah class public bila didalam 1 file ada 2 atau lebih public class maka akan terjadi error agar lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :



setelah dicompile maka secara otomatis system akan membuat 4 buah class didalam file direktori penyimpanan :

Selanjutnya ialah Deklarasi class sebagai inner class biasanya inner class ditandai dengan tandai Dollar "$" tanpa tanda kutip setelah disimpan difile direktori penyimpanan java. Berbeda dengan konsep yang diatas yang mengharuskan class KelasKedua,Ketiga,Keempat berada diluar class KelasPetama. inner class berada dalam class public bukan diluar class public agar lebih jelas lihat gambar dibawah ini terlihat class KelasKedua yang memiliki access modifier private, class KelasKetigaKetiga yang memiliki access modifier private tetapi static dan class KelasKeempat yang access modifiernya default nah semua class KelasKedua,KelasKetiga dan KelasKeempat ini sebagai inner class di class KelasPertama dengan access modifier public.


Setelah kita compile maka system akan membuat secara otomatis ke dalam file direktori penyimpanan agar lebih jelas lihat gambar dibawah ini. Terlihat yang saya lingkari dengan persegi panjang itu adalah inner class.


Sekarang ke deklarasi class terakhir yaitu anonymous inner class atau inner class tanpa nama. Nah loh bisa tidak diberi nama? feature  ini  sering  digunakan  kalau  kita  ingin  mengimplementasikan interface  di  satu tempat  dan  implementasi  itu  tidak  pernah  digunakan  di  tempat  lain. Dipembahasan selanjutnya kita akan belajar interface jadi fokus dulu untuk pendeklarasian class.Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :


Setalah kita compile terlihat anonymous inner class membuat difile direktori penyimpanan java seperti gambar dibawah ini :


Setelah  kita  membahas  cara  deklarasi class java Jadi saya ingatkan lagi Aturan-aturan tersebut antara lain: 
• Hanya boleh ada satu class public dalam satu  file .java, non public class boleh lebih dari satu di dalam satu    file .java 
• Nama class public harus sama dengan nama file .java 
• Komentar bisa diletakkan di mana saja 
• Jika  class  berada  dalam  sebuah  package,  maka  harus  ada  deklarasi  package  di  bagian
   paling atas dari file .java 
• Import berada antara deklarasi package dan deklarasi class 
• Deklarasi  import  dan  package  berlaku  untuk  semua  class  dalam  fle  .java,  tidak  mungkin
  mendefnisikan dua buah class yang mempunyai package berbeda di dalam satu fle .java

Dalam aturan di atas, ada poin yang menyebutkan tentang package. Package adalah feature yang sangat penting dalam Java, pada dasarnya package adalah sebuah folder yang memisah-misahkan class.Class dengan fungsi yang mirip akan dikelompokkan dalam satu package yang sama, hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengelolaan class agar mudah dipahami. Nanti akan kita bahas tentang package.Sampai disini kita sudah tahu cara membuat class,jenis-jenis class berserta aturan-aturan yang ada dalam class.See You Again and keep fighting :)

0 komentar: