Sabtu, 03 Januari 2015

OOP Pewarisan(extends) dengan Studi Kasus Pengelompokan Hewan Berdasarkan Makanannya

Berjumpa kembali dengan saya di Sore hari yang dari siang hujan kali ini saya akan sharing tentang inheritance atau pewarisan. Sambil sruput kopi kita :D lihat dulu pengertian dari Inheritance. Inheritance adalah pewarisan. Pewarisan dalam OOP atau Pemrograman Berbasis Objek. Inheritance memungkinkan suatu class bisa mewarisi property atau atribut(variable) dan Method kepada Class lainnya atau subClass sehingga membentuk Class Hirarki. Inheritance dalam kehidupan sehari-hari seperti ibu dan anak, nenek dan cucu Nah kali ini saya akan membahas Inheritance dengan studi kasus Hewan berdasarkan Makanannya. Lihat skema dibawah ini :
Terlihat pada gambar diatas bahwa Hewan mewarisi dengan pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya Seperti Herbivora, Karnivora dan Omnivora. Di Turunan Herbivora terdapat hewan kambing, sapi, kerbau, kuda dan Diturunan Karnivora teradapat hewan kucing, harimau, singa sedangkan di turunan Omnivora terdapat hewan ayam dan bebek. Sudah terbayangkan kan pewarisan itu seperti apa? :D nah bukan didunia saja yang melihat segala sesuatu dengan objek tetapi didalam pemrograman pun melihat sesuatu dengan objek yang mempunyai atributnya masing-masing. Nah sekarang kita buat codingnya di sublime dan dicompile via cmd. Tulislah dahulu coding seperti dibawah ini dan hiraukan dulu class herbivora  :


Lalu ketikan coding seperti dibawah ini Class Pewarisan dari Hewan :

Ketikan dan pahami pembuatan objek Kambing, Kuda, Sapi dan Kerbau di main method dari sub Class Herbivora Seperti contoh dibawah ini :


Lalu Ketikan dan pahami pembuatan objek Kucing, Harimau dan Singa di main method dari sub Class Karnivora Seperti contoh dibawah ini :


Dan yang terakhir Ketikan dan Pahami pembuatan objek Ayam dan Bebek di main method dari sub class Omnivora Seperti Contoh dibawah ini :


Yang terakhir kita compile dan Running Hasilnya yang tertera dibawah ini :


SELESAI!!! Solusi dari penyatuan class satu dengan class yang lain dalam satu file java yaitu dengan memisahkannya sesuai dengan spesifik classnya masing-masing jadi g numpuk codingnya. Demikian lah pembahasan tentang pewarisan semoga bermanfaat. See You Again And Keep Fighting! :)

1 komentar:

Shikamaru Nara mengatakan...

yuhuu, bermanfaat banget gan
solder uap