Jumat, 02 Januari 2015

Ngoding Hello World Java menggunakan Sublime,Notepad++,Notepad dan Command Prompt

Hello guys ketemu lagi dihari jum'at yang berkah ini,sebelum jum'atan saya berkesempatan untuk menulis terlebih dahulu.Terkadang banyak yang bertanya "Bagaimana si mengetik coding dijava pertama kali?", kenapa kita menggunakan sublime,notepad++ atau notepad? karena untuk belajar memang bagus menggunakan ketiga text editor tersebut supaya kita lebih teliti ketika menghadapi error. Java itu mudah jika kita serius ingin mendalaminya perbanyak lah jam terbang untuk ngoding,baca referensi di internet hanya bermodalkan internet yang harganya g sampai melebihi 50ribu apalagi pake SSH cuman 20ribu akses cepat haha memang perlu untuk bermodalkan sedikit merokoh kocek untuk belajar dan itu adalah wujud keseriusan dalam belajar.Ok setelah kita basa-basi langsung saja buka text editor entah itu sublime,notepad++ atau notepad sekarang yang saya gunakan untuk tutorial ini menggunakan sublime. Pertama kali kita buka text editornya terserah ingin menggunakan yang mana dan pilih salah satu mak akan muncul gambar berikut :

1. Kita pilih file -> new file 

2. Lalu kita ketika coding sebagai berikut :

3. Lalu tekan ctrl+s atau klik file -> save terserah ingin ditaruh dimana file tersebut dan beri nama Hello.java. File program java berektensikan .java bila kita tidak memberi ektensi .java maka ketika kita compile di system tidak akan mengenalinya maka dari itu kita harus menulis dibelakangnya dengan ekstensi .java dan INGAT!!! nama class di coding java harus sama persis dengan penyimpanan .java sebab java case sensitive apabila berbeda satu huruf saja maka akan terjadi error.

4. Kita compile dan running dengan cmd dan ketikan file direktori java tersebut nah kalau saya kan menyimpan file java di   D:\area_java\Latihan maka ketik D: terlebih dahulu selanjutnya                             
cd area_java/Latihan  maka system langsung ke file direktori tersebut.Seperti gambar dibawah :

5. Selanjutnya kita ketikan javac Hello.java dan java Hello seperti gambar dibawah ini.Gambar dibawah menyatakan bahwa java tidak menemukan main method dari class Hello sengaja saya ketikan ini agar mengerti bagaimana anatomi dalam java.

6. Cek file direktori penyimpanan file java tersebut. Terlihat setelah kita compile java secara otomatis membuat sebuah class yaitu Hello.class. Struktur anatomi java tidak terlepas peran dari class dan class adalah jantungnya java tanpa class java tidak akan bisa berdiri sebab class menampung semua logic dan perintah coding yang kita instruksikan.

7. Agar text editor tersebut lebih berwarna dan kita menggunakan bahasa pemrograman java maka pilih view -> syntax -> Java -> Java


8. Nah agar program Hello World kita berjalan maka kita buat main methodnya seperti dibawah ini. Terlihat ada sebuah main method didalam class Hello yang access modifiernya public dan main method tersebut static yang mempunyai cetakan System.out.println("Hello World Selamat Anda telah sukses menginstall dan setting path, Semoga Sukses"); maka di system output tersebut akan keluar.

9. kita ketikan kembali javac Hello.java selanjutnya java Hello maka akan keluar output dari cetakan System.out.println(); tadi yang bertipe data String


Okeh sampai disini kita sudah membuat program simple Hello World di java. Tunggu postingan berikutnya yang terpenting tetap serius belajar Java mudah ko :D See you again guys. 


1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima kasih atas ilmunya :)