Jumat, 02 Januari 2015

Pengertian Method dan Cara Pembuatannya serta Method Overloading

Pembahasan kali ini yaitu Pengertian Method dan Cara Pendeklarasiannya. Method adalah sekumpulan kode yang diberi nama, untuk merujuk ke sekumpulan kode tersebut digunakan sebuah nama yang disebut dengan nama method.Method mempunyai parameter sebagai input dan nilai kembalian sebagai output.Kita bisa juga membayangkan method itu adalah sebuah mesin, ada input yang dibutuhkan dan output yang dihasilkan. Setelah nama Method ada parameter Setiap class boleh mempunyai lebih dari 1 Method dengan CATATAN PARAMETER HARUS BERBEDA entah itu tipe data parameter, Posisi parameternya, Jumlah parameter nah kalau method mempunyai nama yang sama tetapi dalam parameternya berbeda dalam konsep OOP disebut dengan OVERLOADING.Bagian terakhir dari method adalah deklarasi throws exception, dimana kita bisa mendeklarasikan tipe exception yang akan dithrows oleh method. Nah sekarang lihat coding pembuatan Method di java seperti contoh dibawah ini :
Bila melihat gambar di atas penulisan coding method di java dengan berbeda-beda atas langsung pemberian nilai dengan string, ada method yang tidak berparameter,ada method yang menggunakan parameter,ada yang menggunakan throws exception.

Ada beberapa keyword yang bisa ditambahkan dalam deklarasi method. Keyword yang paling sering digunakan adalah static.Bagian kode Java yang dideklarasikan dengan menggunakan static akan menjadi anggota dari class,bukan anggota dari object,silahkan kembali ke postingan ini http://indraheapandstack.blogspot.com/2015/01/class-vs-object.html kalau masih belum bisa membedakan mana class dan mana object. Karena method yang ditandai dengan static adalah bagian dari class,maka bisa diakses langsung dari nama Class itu sendiri, tidak perlu membuat object. Method static hanya bisa memanggil method lain dalam satu class yang juga ditandai static. Method main yang biasa kita gunakan untuk menjalankan aplikasi java juga ditandai dengan static, misalnya kita akan memanggil method lain dari method static, maka method lainya ini juga harus ditandai dengan static. Kita lihat gambar dibawah ini :

Kita ketikan coding seperti diatas dan jangan lupa save ctrl+s. Selanjutnya ialah mencompile dan merunning methodStatic.java dengan cmd.Seperti gambar dibawah ini :
Nah sampai disini kita sudah belajar bagaimana membuat method dari berbagai macam method.See you again and keep figthing :)

1 komentar:

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

siap min, makassih banyak sudah share
solder uap tangan